what time is it?

Friday, November 23, 2012

Cara Meresensi Buku

Bagi kalian yang kelas 9 pasti sudah dapat tugas kan tentang merensi buku? Yapasti udahlahya...........haha. Menurut gue ngeresensin buku gampang gampang susah. Susahnya ya kalo suruh ngerangkum. Gue orangnya paling males ngerangkum ngeliat buku tebal aja udah males apa lagi ngerangkum wakak. Disini gue akan ngebantu lo buat bikin resensi, berikut cara buat meresensi buku.

Cara meresensi buku:
  1. Cari dan tentukan buku mana yang mau kalian resensi. Buku bisa berbentuk fiksi/non-fiksi dan itu terserah kalian.
  2. Catatlah identitas buku, yaitu: judul buku, penulis, nama penerbit, cetakan dan tahun terbit, serta tebal buku.
  3. Lalu, buatlah rangkuman dari buku itu. Sebelum kalian merangkum, kalian harus membaca buku itu dan memahaminya.
  4. Setelah kalian membuat rangkuman, kalian membuat tujuan kepengarangan. Tujuan kepengarangan adalah tujuan dari si penulis menulis buku itu. Biasanya tujuan kepengarangan terletak di kata pengantar.
  5. Setelah itu, kalian membuat kelemahan dan kekurangan dari buku itu. Misalnya kekurangannya kertasnya kurang bagus dan lain-lain. Kalau kelebihannya misanya bahasanya mudah dipahami dan lain-lain.
  6. Tahap terakhir adalah membuat kesimpulan dari buku yang kalian resensi.
Demikian cara untuk meresensi buku. Semoga bermanfaat^^

0 comments:

Post a Comment

Friday, November 23, 2012

Cara Meresensi Buku

Bagi kalian yang kelas 9 pasti sudah dapat tugas kan tentang merensi buku? Yapasti udahlahya...........haha. Menurut gue ngeresensin buku gampang gampang susah. Susahnya ya kalo suruh ngerangkum. Gue orangnya paling males ngerangkum ngeliat buku tebal aja udah males apa lagi ngerangkum wakak. Disini gue akan ngebantu lo buat bikin resensi, berikut cara buat meresensi buku.

Cara meresensi buku:
  1. Cari dan tentukan buku mana yang mau kalian resensi. Buku bisa berbentuk fiksi/non-fiksi dan itu terserah kalian.
  2. Catatlah identitas buku, yaitu: judul buku, penulis, nama penerbit, cetakan dan tahun terbit, serta tebal buku.
  3. Lalu, buatlah rangkuman dari buku itu. Sebelum kalian merangkum, kalian harus membaca buku itu dan memahaminya.
  4. Setelah kalian membuat rangkuman, kalian membuat tujuan kepengarangan. Tujuan kepengarangan adalah tujuan dari si penulis menulis buku itu. Biasanya tujuan kepengarangan terletak di kata pengantar.
  5. Setelah itu, kalian membuat kelemahan dan kekurangan dari buku itu. Misalnya kekurangannya kertasnya kurang bagus dan lain-lain. Kalau kelebihannya misanya bahasanya mudah dipahami dan lain-lain.
  6. Tahap terakhir adalah membuat kesimpulan dari buku yang kalian resensi.
Demikian cara untuk meresensi buku. Semoga bermanfaat^^

No comments:

Post a Comment

Post a Comment